Jumat, 25 November 2011

Membuat Sebuah System Restore Point

Dalam keadaan default system operasi Windows akan secara rutin membackup system agar jika ada error atau kerusakan bisa dikembalikan lagi (restore) ke saat windows masih normal. Program dengan nama “System restore” ini akan merekam keadaan windows dan menyimpannya sebagai backup. Namun karena alasan untuk mempercepat kinerja windows dan untuk menghemat kapasitas harddisk tempat penyimpanan file, banyak pengguna yang mematikan services system restore.
System restore berguna untuk membackup windows misalnya sebelum anda menginstall program-program tertentu seperti theme patcher. Sebelum anda merubah theme windows xp ke win 7 atau transformasi xp ke linux ubuntu 11 sebaiknya anda membuat backup windows atau biasa disebut restore point yang berfungsi untuk mengembalikan seperti semula.
Beberapa program patcher (seperti yang dipakai untuk merubah themes) tidak membawa program uninstallernya sehingga jika system sudah di patch biasanya susah untuk mengembalikan atau membuang patcher. Disinilah fungsi restore point yang dibuat sebelum patching akan bisa mengembalikan ke keadaan semula.
Untuk membuat restore point silahkan ikuti langkah ini:
  1. Klik tombol Start –> All Programs –> Accessories –> System Tools –> System Restore.
  2. Jika jendela system restore sudah terbuka, pilih “Create a restore point” lalu klik Next.
  3. Berikan nama misal “Sebelum ganti thema ke seven” kemudian klik tombol Create.
Sedangkan untuk merestore atau mengembalikan restore point:
  1.  Pada waktu jendela system restore muncul, pilih “Restore my computer to an earlier time” lalu Next.
  2. Setelah itu anda bisa memilih point mana yang mau dikembalikan lihat sesuai judul restore pointnya.
Kini anda tak perlu kawatir jika ingin menginstall program yang cukup riskan seperti patcher themes atau software lainnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar