Sabtu, 26 November 2011

Cara meng hapus sepam dan memblok IP

Pernahkah Anda mengalami kejadian tidak bisa browsing ke website tertentu atau koneksi internet yang lambat dan tidak bisa kirim email dari komputer?. Hal itu bisa saja terjadi karena Ip address terblokir di layanan Spamhaus karena terindikasi melakukan kegiatan spam.Spamhaus.org akan melisting Ip address yang terdeteksi spam dalam database yang kemudian data tersebut dapat digunakan sebagai rujukan layanan lain untuk memblokir Ip anda.
Spamhaus adalah sebuah organisasi nirlaba internasional yang bertugas untuk melacak kegiatan spam di Internet dengan memberikan informasi secara realtime aktifitas spam dengan melisting Ip address yang terindikasi sebagai spammer. Didirikan pada tahun 1998, Spamhaus berbasis di Jenewa, Swiss dengan dana dari para sponsor dan donatur.
Cara kerja Spamhaus dapat dilihat dari ilustrasi berikut:
DNSBL (Domain Name System Block List) yaitu kumpulan database realtime yang menjadi rujukan oleh mail server Internet untuk “menanyakan” tentang asal-usul email yang masuk. Peran DNSBL Spamhaus seperti Penasehat yang memberikan pendapat dan analisa , bagi siapa saja yang bertanya, tentang apakah Alamat IP tertentu memenuhi kebijakan Spamhaus ataukah terindikasi sebagai spam.
Spamhaus memantau arus lalu lintas internet untuk menemukan, menganalisa ip address dan domain dari kegiatan spam dan exploitasi serta ancaman serangan. Semua data dikumpulkan dalam bentuk database yang relatime untuk mail server, web server maupun pihak yang berwenang sebagai panduan dalam kegiatan spam.
Jadi jika anda sering melakukan aktifitas spamming, seperti kirim email massal, mengirimkanspam comment, mencoba menyerang (hack) website, mengirimkan bots untuk menghabiskan resource layanan web dan kegiatan spam lain akan berakibat ip address anda di block atau masuk dalam daftar hitam Spamhaus yang selanjutnya akan menjadi rujukan layanan lain untuk memblock semua akses dari komputer anda.
Lalu bagaimana cara unblock ip address yang terblokir spamhaus?. Kita akan lanjutkan pada artikel berikutnya. tUNGGU TANGGAL MAINYA

Tidak ada komentar:

Posting Komentar